Senin, 28 Januari 2019

Karakteristik kabel fiber optik secara umum.


Karakteristik kabel fiber optik secara umum.
Selain beberapa komponen di atas, karakteristik kabel jaringan fiber optik secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
 1) Bagian dalam kabel jaringan fiber optik terdiri dari inti yang terbuat dari serat kaca dan diselubungi oleh beberapa lapisan yang bersifat sebagai pelindung
2) Konektor yang umum digunakan untuk kabel jaringan fiber optik adalah konektor ST, namun baru-baru ini ada konektor lain yang diperkenalkan sebagai pasangan kabel jaringan fiber optik yakni konektor SC.
 3) Kecepatan transfer data yang mampu dilakukan kabel fiber optik berada di angka 100 Mbps ke atas (bahkan dapat mencapai 1000Mbps

4) biaya rata –rata pernode cukup mahal.
5) diameter kabel jaringan fiber optik dan dan ukuran konektormya relatif kecil schingga fleksibel dalam proses instalasil
6) Panjang kabel jaringan fiber optik sangat panjang yakni mencapai 2 km (mengalahkan kabel jaringan lainnya seperti Coaxial dan Twisted Pair).
3. Cara Keria Kabel Jaringan Fiber Optik
Dalam penggunaan kabel jaringan fiber optik sebelum digunakan ada cara pembuatan kabel jaringan fiber optik.
 a. Cara pembuatan kabel jaringan fiber optik
 Pembuatan kabel jaringan fiber optik terbilang sangat rumit, karena dilakukan dengan cara menarik bahan dasar berupa kaca yang telah dicairkan hingga kental, hingga akhimya diperoleh serabut atau serat kaca dengan penampang tertentu Proses pembuatan kabel fiber optik ini disebut modified chemical vapor deposition (MCVD), dimana silikon dan germanium bereaksi dengan oksigen membentuk Si02 dan Ge02 yang kemudian menyatu dan membentuk kaca. Butuh waktu hingga beberapa jam untuk melakukan proses ini, namun semuanya dilakukan secara otomatis dengan menggunakan alat berteknologi canggih. Setelah proses pertama selesai, kaca yang dihasikan kemudian dimasukkan ke dalam sebuah alat yang disebut fiber drawing tower guna dipanaskan hingga mencapai 1900-2200 derajat celcius hingga akhimya kaca tersebut melelch. Berikutnya lelehan tersebut jatulh melewati laser mikrometer hingga akhimya membentuk serabut atau serat kaca. Yang harus dipastikan dalam proses pembuatan kabel fiber optik ini adalah pengerjaannya yang harus dilakukan dengan bahan baku (kaca) yang sedang dalam keadaan sangat panas, lalu diperlukan beberapa perhitungan ketat demi menjaga agar perbandingan relatif antara bermacam lapisan tidak berubah dalam proses penarikan
 b. Cara kabel fiber optik mentransmisikan data
 Kabel jaringan fiber optik memiliki cara kerja yang sangat berbeda dengan kabel jaringan lainnya seperti kabel Coaxial ataupun kabel Twisted Pair. Pasalnya kabel jaringan fiber optik bukan mentransmisikan sinyal listrik seperti kabel-kabel jaringan lainnya, melainkan mentransmisikan cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Dengan begitu maka kabel jaringan yang satu ini punya keunggulan dalam hal mengurangi masalahgangguan gelombang frekuensi bahan clektrik, sehingga sangat ideal untuk digunakan pada kawasan yang dikelilingi gelombang frekuensi cukup tinggi. Prinsip menggunakan gelombang cahaya pada kabel jaringan fiber optik membuatnya mampu membawa informasi lebih banyak dan menghantarkannya ke jarak yang jauh dibanding kabel jaringan lainnya yang masih menggunakan prinsip sinyal listrik. Hal ini dapat terjadi karena bahan baku yang digunakannya merupakan serat kaca mumi yang dapat terus memancarkan cahaya tak peduli berapa panjang kabel yang ada. Dalam prosesnya, cara kerja kabel fiber optik adalah dengan memanfaatkan cermin yang menghasilkan total internal reflection (refleksi total pada bagian dalam serat kaca). Analogi sederhana mengenai cara kerja kabel fiber optik dalam mentransmisikan gelombang cahaya kira-kira seperti ini Jika Anda sedang berada di sebuah ruangan yang gelap dengan sebuah jendela kaca, kemudian Anda mengarahkan cahaya senter dengan posisi 90 derajat tegak lurus dengan kaca, maka cahaya senter akan menembus ke luar ruangan. Namun kondisinya akan berbeda jika cahaya senter tersebut diarahkan (ke jendela berkaca) dengan sudut yang rendah (hampir paralel dengan cahaya aslinya), maka kaca tersebut akan berfungsi menjadi cermin yang akan memantulkan cahaya senter ke dalam ruangan. Seperti itulah yang terjadi pada serat optik, di mana cahaya berjalan melalui serat kaca pada sudut yang rendah.
B. Jenis- Jenis Kabel Jaringan Fiber Optik
1. Tipe Kabel Fiber Optik menurut Transmitter
 Kabel jaringan fiber optik terdiri dari beberapa jenis, yang biasanya dapat dengan mudah diketahui dengan melihat transmitter (media transmisi data) yang digunakannya. Berikut ini jenis-jenis kabel jaringan fiber optik.
a. Single mode
Kabel jaringan fiber optik jenis single mode memiliki inti (core) yang relatif kecil, dengan diameter sekitar 0.00035 inch atau 9 micron. Jenis kabel fiber optik yang satu ini menggunakan tranmitter laser semi konduktor yang mengirimkan sinar laser inframerah denganpanjang gelombang mencapai 1300-1330 nm. Disebut 'sinle de karena penggunaan kabel fiber optik ini hanya menmung ik terjadinya eatu modus cahaya saja yang dapat tersebar metabs in pada suatu waktu Berikut ini karakteristik kabel jaringan fiber optik jenis singh mode yaitu
l) Laju Data Tinggi
2) Jarak Pengiriman Data Jauh
3) Masa Pakai Sebentar
4) Sensitifitas Suhu Substansial
5) Biaya Mahal
b. Multi mode
Jenis kabel fiber optik yang satu ini memiliki inti core) yang lebhi besar dibanding milik kabel fiber optik jenis single mne ykzi berdiameter sekitar 0 0025 inch atau 62.5 micron. Dengan kura yang lebih besar, maka penggunaan kabel fiber optik jenis i memungkinkan ratusan modus cahaya tersebar melalui serat secara bersamaan Kabel fiher optik multi mode ini mengpinakan LED Light Emiting Diode) sebagai media transmisinya, serta Iebi ditujukan untuk kepentingan komersil Berikut ini karakteristik kabel jaringan fiber optik jenis mala mode
1) Laju Data Rendah
2) Jarak Pengiriman Data: Pendek
3) Masa Pakai Lama
4)Sensitifitas Suhu Minor
5) Biaya Kendah (Murah)
2. tipe kabel fiber optic menurut aplikasi Standart
Jika diklasifikasikan menurut aplikasi standar, jenis-jenis kabel fiber optik dibedakan menjadi beberapa tipe berikut ini di antaranya:
a Tight Buffer (Indoor/Outdoor)
b Breakout Cable (Indoor/Outdoor)
c Acrial Cable/Self-Supporting
d Hybrid&Composite Cable
e Armored Cable
f Low Smoke Zero Halogen (LSZH)
g Simplex cable
h Zipcord cable
3. Tipe- Tipe Fiber Optic
a. Single mode
Jenis fiber optik yang memiliki fiber tunggal dengan diamater antara 8.3 10 mikron yang mempunyai transmisi satu mode. Singlemode dengan garis tengah (diameter) sempit hanya dapat menyebarkan antara 1310 1550 nano meter. Singlemode dapat mentransmisikan di atas rata-rata dan 50 kali lipat jarak dibandingkan multimode. Fiber singlemode memiliki core lebih kecil dibandingkan multimode. Core kecil tersebut dan gelombang cahaya tunggal dapat mengurangi distorsi yang diakibatkan overlap cahaya, penyediaan sedikit sinyal atenuasi dan kecepatan transmisi yang tinggi. Ciri - cirinya adalah
1) Diameter core lebih kecil dibandingkan diameter cladding
2) Digunakan untuk transmisi jarak jauh, bisa mencapi 120 km, band frekuensi lebar, dan penyusutan transmisi sangat kecil.
b. Grade index multimode
Berisi sebuah core di mana refraksi indeks mengurangi secara perlahan-lahan dari poros pusat ke luar cladding. Refraksi indeks tertinggi pada pusat membuat cahaya bergerak lebih perlahan pada porosnya dibandingkan cahaya yang lebih dekat dengan cladding. Alur yang dipendekkan dan kecepatan yang tinggi mengijinkan cahaya di bagian luar untuk sampai ke penerima pada waktu yang sama secara perlahan tetapi cahaya lurus langsung melalui inti core. Hasilnya sinyal digital mengalami distorsi yang sedikit. Ciri-cirinya adalah:
I) Diameter corenya antara 30 mm sampai dengan 60 mm sedangkan diameter claddingnya 100 mm sampai dengan 150 mm
2) Merupakan penggabungan fiber single mode dan fiber multimode step index
3) Biasanya untuk jarak transmisi 10 sampai dengan 20 km pentransmisian informasi jarak menengah seperti pada LAN
c. Step-index multimode
Berisi sebuah core besar dengan diameter lebih dari 100 mikron. Hasilnya, beberapa cahaya membuat sinyal digital melewati rute utama (direct route), sedangkan yang lainnya berliku-liku (zig zag) ketika sinar tersebut memantul cladding. Alternatif jalan kecil ini menyebabkan pengelompokan cahaya yang berbeda yang dikenal sebagai sebuah mode, tiba secara terpisah pada sebuah titik penerima. Kebutuhan untuk meninggalkan jarak antar-sinyal untuk mencegah overlap batas bandwith adalah jumlah informasi yang dapat dikirim ke titik penerima. Sebagai konsekuensinya, fiber optik tipe ini lebih cocok untuk jarak yang pendek/singkat. Ciri-cirinya adalah:
1) Ukuran intinya berkisar 50 mm sampai dengan 125 mm dengan diameter cladding 125 mm sampai dengan 500 mm. lebih mudah rendah dan untuk jarak yang relatif dekat.
2) Diameter core yang besar digunakan agar penyambungan kabel
3) Hanya baik digunakan untuk data atau informasi dengan kecepatan
C. Kelebihan dan Kekurangan Kabel Jaringan Fiber Optik
Sebagai kabel yang dibuat dengan teknologi modern, kabel jaringan fiber optik punya sederet keunggulan jika dibandingkan dengan kabel jaringan lainnya seperti kabel Coaxial ataupun kabel Twisted Pair. Kabel jaringan yang satu ini tak punya kelemahan Iho ya Karena itulah untuk mengetahui apa saja kelcbihan dan kekurangan kabel jaringan fiber optik antara lain sebagi berikut.
1. Kelcbihan Kabel Jaringan Fiber Optik
  a Kabel jaringan fiber optik dapat beroperasi dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membawa informasi atau data, bahkan lebih tinggi dibanding kabel jaringan Coaxial ataupun kabel Twisted Pair Kccepatan transfer datanya bahkan dapat mencapai 1000 mbps
 b Bandwith kabel jaringan fiber optik tak perlu diragukan lagi karena mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar (bisa tembus I gigabit per detik)
 c Kabel jaringan fiber optik dapat mengirim sinyal lebih jauh dibanding kabel jaringan jenis lainnya, bahkan tampa memerlukan perangkat penguat sinyal seperti repeater atau lainnya. Kalaupun dibutuhkan, penguat sinyal tidak perlu dipasang sctiap 5 km seperti kabel-kabel jaringan lainnya, melainkan cukup dipasang sctiap 20 km saja
d Material yang dipakai untuk membuat kabel janngan fiber optik memiliki keunggulan untuk bisa bertahan pada banyak gangguan seperti kelembapan udara dan cahaya (panas) Dngan begitu maka dapat disimpulkan bahwa kabel fiber optik relatif awet karena tidak gampang rusak
e.Kemampuan kabel jaringan fiber optk yang tahan lama dan ti gampang rusak membuatnya jadi lebih efisien dibanding kabe jaringan lainnya, karena biaya perawatan pun jadi kian murah
f. Tak berbeda jauh dengan kabel jaringan STP, kabel jaringan fiber optik juga kuat terhadap interferensi elektromagnetık yang berasal dan sekitar kabel.
g Kabel jaringan fiber optik terdini dari berbagai macam jenis yang dapat menjadi opsi untuk menyesuaikan dengan lokasi instalasinya. Mulai dari instalasi di dalam gedung, di bawah tanah hingga di dalam air, semuanya tersedia dengan kriteria dan karakteristik yang berbeda- beda
h.Karena bukan mengirim sinyal listrik melainkan gelombang cahaya, kabel guan jaringan fiber optik mampu mengatasi masalah gang gelombang frekuensi bahan elektrik. Dengan bagitu maka kabel jaringan jenis ini sangat ideal untuk digunakan pada kawasan dikelilingi gelombang frekuensi cukup tinggi.  
i Diameter kabel jaringan fiber optik yang relatif kecil dan tipis, ditambah lagi dengan bobotnya yang ringan membuat proses instalasi kabel fiber optik relatif mudah karena bersifat fleksibel.
j. Berbeda dengan kabel jaringan lainnya yang berpotensi menyebabkan terjadinya korsleting atau kebakaran, khusus pada kabel fiber optik hal itu tidak akan terjadi karena menggunakan bahan dasar serat kaca yang aman dan tidak mudah terbakar karena: tidak mengalirkan listrik
k. Berbeda dengan kabel jaringan UTP dan STP yang masih menimbulkan kemungkinan terjadnya penyadapan, hal ini tidak berlaku pada kabel jaringan fiber optik karena dapat meneruskan data tanpa ada distorsi atau gangguan
l.  Kabel jaringan fiber optic dapat dengan mudah di-upgrade bahkan tanpa perlu mengubah sistem kabel yang ada.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Home Ads

Facebook

About



Your source for the lifestyle news. This demo is crafted specifically to exhibit the use of the theme as a lifestyle site. Visit our main page for more demos.

Popular Posts